PAS TETAP MELAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN

Oleh: Ratino

Sebagai salah satu alat evaluasi proses pembelajaran selama satu semester dalam pendidikan adalah dengan mengadakan penilaian akhir semester. Penilaian akhir semester 1 (PAS) di SMP Negeri 1 Jeruklegi dilaksanakan mulai 30 November 2021 hingga 13 Desember 2021. Pelaksanaan PAS untuk tahun ini memang dilaksanakan lebih lama sebab mengingat masih masa pandemi covid-19. Tiap hari selama PAS, hanya mengujikan satu mata pelajaran saja.

Dalam pelaksanaan PAS kali ini, setiap ruangan hanya terisi setengahnya saja. Tempat duduk untuk tiap harinya pun tetap tidak berubah. Dalam sehari ada sesi tes yang dilaksanakan. Sesi 1 untuk nomor presensi 1 s.d. 16 dan sesi 2 untuk nomor presensi 17 s.d. 32. Pengawas dilakukan bergantian tiap harinya, namun untuk satu hari satu ruangan pengawasnya tetap. Kewajiban pengawas adalah datang lebih awal dibandingkan dengan siswanya sehingga dapat memantau protokol kesehatan di tiap kelasnya.

Berhubungan dengan masalah protokol kesehatan, satgas covid-19 tingkat sekolah sudah melaksanakan perencanaan dalam pelaksanaannya. Tim satgas covid-19 di tempatkan di gerbang depan sekolah untuk pengawasan pengantaran dan gerbang belakang juga ditempatkan tim khusus. Selain itu, ada juga tim yang berkeliling mengecek dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan. Selama pelaksanaan pun siswa nyaman dan lancar dalam melaksanakan PAS.

Orang tua mengantar hanya sampai gerbang depan kemudian siswa mengecek suhu sendiri dan kemudian cuci tangan. Dari rumah siswa sudah memakai masker. Kemudian siswa menuju ruang PAS masing-masing duduk dan tidak boleh berkerumun. Pulang juga diatur melalui gerbang belakang untuk penjemputan. Tim satgas covid-19 juga membuat jadwal kedatangan dan kepulangan siswa beserta antar-jemputnya agar tidak terjadi kerumunan. Untuk seragam siswa tiap harinya berganti sesuai dengan jadwal yang disusun. Dengan demikian, protokol kesehatan selalu dilaksanakan dan sudah membudaya di lingkungan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *